Social Icons

Pages

Selasa, 12 Juni 2012

"Belajar"

Makna Belajar
-Belajar merupakan proses yang berlangsung dalam diri seseorang.
 Mempunyai aspek : - internal    < berlangsung di dalam diri sendiri>
                   - Eksternal  < berlangsung di luar diri sendiri, tampak dalam kegiatan nyata seorang individu>
- Proses Belajar membawa hasil berupa perolehan  pengetahuan, pengertian, sikap, nilai dan keterampilan
- Kegiatan belajar berlangsung sejak individu hadir di dunia, remaja, tua, sampai meninggal dunia
- Menurut Wjs Poerwadarminta, 1953 : belajar merupakan usaha/ berlatih supaya memperoleh suatu kepandaian
- Menurut Ernest R.Hilgard .1948 : Study is the process by which on activity originate or is a change through training procedures <Whether in the laboratory or in the natural environment>
(Belajar adalah proses dimana suatu aktifitas mengoriginkan atau juga perubahan sepanjang prosedur pelatihan <baik di lab maupun di lingkungan alam>)
- Menurut Witheringthon , belajar adalah suatu perubahan di kpribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian
- Menurut Douglas L.Hinzman, 1978: Study is a change in organization due to experience which can effect the orgnization`s behavior
Dari pendapat di atas, agak nya makna belajar hamper semuanya di pertalikan dengan proses perubahan. Perubahan dalam hal apa itu?
1.    Aspek pengetahuan
2.    Aspek sikap/ kemauan
3.    Aspek perilaku, praktek dan keterampilan
4.    Aspek kinerja
Secara singkat, belajar dapat di pahami sebagai:
Proses pertumbuhan atau perubahan agara tahu, agar mau, agar bisa, agar berhasil

Cara - cara belajar yang baik
Belajar adalah kewajiban bagi pelajar dan mahasiswa/i. Belajar pada umumnya dilakukan di sekolah ketika jam pelajaran berlangsung di bimbing oleh bapak atau ibu guru.Belajar yang dilakukan secara terburu-buru akibat di kejar waktu memiliki dampak tidak baik. Ada beberapa tips dan trik untuk cara belajar yang baik
1.    Belajar kelompok
Dengan belajar kelompok, kegiatan belajar dapat menjadi lebih menyenangkan karena di temani teman. Sehingga lebih santai. Namun ada baiknya, belajar kelompok di temani orang dewasa sebagai pembimbing
2.    Rajin membuat mind-map.
Terkadang pelajaran yang di sampaikan oleh guru terlalu teoritis dan penuh hafalan. Untuk mempermudah kita  dalam menyerap pelajaran,  ada baiknya kita membuat mindmap. Mindmap adalah sejenis peta konsep atau inti pelajaran yang di buat pada kertas atau buku kecil yang di percantik. Sehingga muncul ketertarikan untuk mempelajari inti pelajaran itu. Mindmap dapat di bawa kemana-mana dan dapat kita baca  kapanpun dimanapun. Dengan catatan mindmap ini jangan di jadikan media mencontek karena dapat merugikan diri sendiri
3.    Membuat perencanaan yang baik
Perencanaan belajar yang baik terdiri atas 3ON <di
baca Three - on->, yakni :
-      On time   : tepat waktu
-      On Place : Pada tempatnya
-      On Full Concentration : dengan perhatian penuh
4.    Hindari Over – dosage of studying case
Belajar yang berlebihan, sampai tengah malam, bergadang atau membuat contekan sehingga membuat jam tidur berkurang adalah hal yang sangat wajib di hindari dalam belajar ; karena dapat merusak kesehatan, apalagi bagi kita yang masih dalam proses pertumbuhan
Tujuan Belajar
Sebagian orang terjebak dalam pertanyaan  “ Apa tujuan belajar sih?!”  hampir keseluruhan dari mereka akan menjawab “ supaya pandai , menambah cakrawala pengetahuan, memperluas ilmu terhadap dunia. Dll. Memang tidak ada salahnya,  tetapi marilah kita mendeskripsikan tujuan belajar secara logis.
Menurut teori Humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan  manusia.  Proses belajar dianggap berhasil apabila si pelajar mampu memahami dirinya dan lingkungannya. Sedangkan menurut teori belajar ; belajar adalah usaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya, bukan dari sudut pandang pengamatnya, Akan tetapi dunia modern, lebih berpegang pada teori belajar humanistic
Menurut Rogers, yang terpenting dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan-tujuan belajar itu, yakni :
Ø Menjadi manusia berarti memiliki kemampuan wajar untuk belajar
Ø Siswa yang akan mempelajari hal bermakna bagi dirinya
Ø Pengorganisasian bahan pengajaran
Ø Belajar relevan/relative
Apabila ke semuanya di gabung, maka dapat di peroleh kesimpulan bahwa siswa mempunyai personal untuk belajar secara wajar. Siswa belajar supaya pandai adalah benar, dengan catatan materi pelajaran itu tidak di paksakan dan materi pelajaran itu akan di serap sesuai kemampuan siswa. Dalam pencapaian tujuan belajar ini sangat di harapkan adanya perorganisasikan bahan pengajaran supaya sesuai dengan dunia persepsi siswa. Belajar relevan berarti mempelajari hal penting bagi dirinya dan relative terhadap perubahan dunia social, semua menuntut perubahan dan perubahan ini akan di serap siswa juga pada akhirnya. Intinya, tidak ada paksaan lagi dalam proses pencapaian tujuan belajar.
Pembagian Belajar
Dalam belajar, siswa memiliki berbagai cara belajar. Ada siswa yang belajar dengan memahami makna dari kata-kata yang di pelajarinya. Ada pula siswa yang belajar dengan cara mengamati, biasa mereka mempelajari tanggapan/ gagasan. Ada juga siswa yang belajar dengan metode menghafal, mereka menghafal hal-hal yang sedang mereka pelajari. Syarat - syarat yang harus di perhatikan: tujuan, pengertian, perhatian dan ingatan dan menghafal tanpa ingatan menjadi sia-sia. Belajar teoritis : metode belajar bersasarkan fakta yang sudah ada: metode belajar ini biasa di gunakan untuk memecahkan problem pada bidang studi ilmiah. Belajar Konsep: belajar berfikir dengan konsep yang sudah ada. Belajar dengan kaidah : belajar dengan banyak konsep yg saling berhubungan, sehingga membentuk ketentuan yang menghasilkan keteraturan. Belajar berpikir: belajar memecahkan suatu masalah tanpa melalui pengamatan, tetapi melalui metode cara berpikir secara logika
Berbagai cara belajar
  • 1.    Verbal / linguistic  " melalui kata, memori, dan mengingat secara lisan dan tulisan
  • 2.    Logika / Mtk         " Melalui pemikiran dan perhitungan
  • 3.    Visual / spasial     " membaca grafik, peta, dan diagram, menyukai seni
  • 4.    Tubuh / kinestetik  " melalui gerakan tubuh, permainan, dan drama
  • 5.    Musik / irama        " belajar dengan music
  • 6.    Antar pribadi / interpersonal    " belajar kelompok
  • 7.    Dalam diri        " hening dan berkonsentrasi dalam keadaan sendiri
  • 8.    Alami      " belajar sendiri melalui lingkungan alam sekitar secara langsung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text